pikki.iscia@gmail.com info@pikki-iscia.org +6221 884 3485

NEWS PAGES

Selasa, 22 Mar 2016

Komitmen dalam rapat kerja PIKKI I tahun 2016

Baharuddin Abubakar, Sekretaris Umum PIKKI

Kota Bekasi, 20 Maret 2016

Perkumpulan Industri Komponen Kapal Indonesia (PIKKI) yang anggotanya saat ini telah mencapai lebih dari 80 perusahaan industri manufaktur baik sebagai Anggota Biasa Aktif (52 perusahaan) maupun sebagai Anggota Biasa (36 perusahaan) telah menyelenggarakan Rapat Kerja PIKKI I Tahun 2016, di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Anggota PIKKI yang pada umumnya produsen komponen otomotif yang terjun di dunia maritim membulatkan tekad untuk membangkitkan industri komponen kapal dalam negeri dalam rangka mendukung program pemerintah yaitu Indonesia sebagai POROS MARITIM DUNIA dan program TOL LAUT.

Kebulatan tekad anggota PIKKI tersebut dicetuskan dalam Rapat Kerja PIKKI I Tahun 2016 yang diadakan di Omah Kebon, Pekayon, Kota Bekasi. Jumlah anggota yang hadir mencapai 85 orang yang datang dari berbagai kota di Indonesia seperti Wahyu Darlin dari PT Asia Raya Foundry (Medan), David Kasijanto dari PT Logamindo Sarimulia (Surabaya), Muhammad Rizky dari PT Dok dan Perkapalan Air Kantung (Bangka), Adi Limansubroto dari PT Samudera Luas Paramacitra (Cirebon), Lilie dari PT SIMNU (Bandung), dan anggota lain yang tersebar di wilayah Jabodetabek dan Banten.

Ketua umum PIKKI, Eki Komaruddin, SE menyatakan bahwa saat ini adalah momen yang tepat bagi anggota PIKKI untuk membangkitkan industri komponen kapal dalam rangka merespon proyek-proyek pemerintah utamanya pengadaan kapal pesanan pemerintah yang dibangun oleh perusahaan galangan kapal dalam negeri. Pengadaan kapal oleh instansi pemerintah tersebut didasarkan pada Instruksi Presiden agar pembelian kapal untuk keperluan operasional kementerian maupun dalam rangka pelaksanaan program pemerintah tidak lagi dilakukan dengan membeli kapal dari negara lain.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tahun anggaran 2016 akan membangun kapal untuk nelayan dan operasional KKP sebanyak 3.325 unit yang terdiri dari berbagai ukuran. Kapal penangkap ukuran di bawah 5 GT sebanyak 1.020 unit, ukuran 5 GT sebanyak 1.020 unit, ukuran 10 GT sebanyak 1.000 unit, ukuran 20 GT sebanyak 250 unit, ukuran 30 GT sebanyak 30 unit, dan kapal angkutan ukuran 30 GT dengan pendingin sebanyak 5 unit (informasi dari berbagai sumber). Pembangunan kapal sebanyak itu, tentu saja akan sangat membantu industri komponen kapal dalam negeri untuk tumbuh dan survive dari lesunya permintaan komponen kapal dalam negeri selama ini.

Dalam Raker tersebut, Ketua Umum PIKKI mengusulkan agar anggota PIKKI melakukan kerjasama dalam memproduksi komponen kapal (joint products) yang selama ini masih diimpor padahal produk tersebut dapat dibuat oleh anggota PIKKI. Produk-produk yang merupakan joint products untuk pertama kali terdiri dari 5 jenis yang akan diberi merek “PIKKI” sebagai merek dagang khusus bagi produk-produk yang dikerjasamakan antaranggota PIKKI. Kelima joint products tersebut akan dibahas secara serius dalam pertemuan khusus yang dipimpin oleh Januar Pribadi (Ketua Bidang Pengembangan Produk, Kompetensi, dan Standarisasi PIKKI) dibantu oleh Ir. Sjaifuddin Thahir, MSc. selaku Anggota Dewan Penasihat PIKKI.

Seluruh anggota PIKKI yang hadir berkomitmen untuk saling membantu dan bekerjasama untuk menghindari kemungkinan terjadinya persaingan harga yang tidak sehat antaranggota yang pada akhirnya bisa saling mematikan.

Sehubungan dengan itu, PIKKI akan menetapkan harga standar yang disetujui dan ditetapkan oleh anggota PIKKI sendiri yang mempunyai produk yang sama. Kesepakatan ini diyakini akan memperkecil dampak negatif dari suatu persaingan usaha yang tidak sehat antaranggota. Adapun bagi buyer atau pengguna komponen kapal, standar harga yang ditetap oleh PIKKI dapat membantu customer dalam menyusun biaya produksi.
Hal lain yang disepakati dalam Raker PIKKI adalah pemasaran produk-produk anggota PIKKI akan dilakukan secara terpadu oleh Adhi Wijaya (PT Adhi Wijayacitra) selaku Ketua Bidang Pemasaran dan IT PIKKI dibantu oleh anggota Tim Pemasaran yang terdiri dari Mc. Arif Lukmanto (PT Frenindo Solution) dan Eko Trusulo (PT Bahana Unindo Teknik) dan anggota lain yang akan ditunjuk kemudian apabila dianggap perlu.

Untuk keperluan pemasaran produk, Tim Pemasaran meminta kepada seluruh anggota PIKKI agar segera menyampaikan company profile atau daftar produk masing-masing untuk dipublikasikan dalam website PIKKI (www.aikki-iscia.org). Selain publikasi melalui website, Tim Pemasaran juga akan melakukan pendekatan door to door kepada buyer khususnya perusahaan galangan kapal di dalam negeri.

Raker PIKKI I diketuai dan dikoordinasikan oleh Jatmiko/Bendahara PIKKI (PT Kemala Multi Guna) berlangsung dengan lancar dan sukses. Materi yang dipaparkan dan dibahas dalam raker adalah:

  1. Pengelompokan dan Pengembangan Produk serta Pemilihan Produk Unggulan Anggota (one company one main product/ONCOMP) yang disampaikan oleh Januar Pribadi (PT Samitra Pilar Usaha/PT Rizki Asa Buana) selaku Ketua Bidang Pengembangan Produk, Kompentensi, dan Standarisasi PIKKI.
  2. Mekanisme Pemasaran Produk Anggota PIKKI oleh Adhi Wijaya (PT Adhi Wijaya Citra) selaku Ketua Bidang Pemasaran dan IT dan Mc. Arif Lukmanto (PT Frenindo Solution) selaku anggota Tim Pemasaran PIKKI.
  3. Peluang Bisnis PIKKI Kedepan disampaikan oleh Ir. Sjaifuddin Thahir, MSc. (Senior Manager Asset Mgt. & International Affair – BKI) selaku Anggota Dewan Penasihat PIKKI.
  4. Informasi dan Prosedur Sertifikasi Komponen Kapal oleh Lukito (General Manager Class NK Jakarta Office).

Raker dilaksanakan dengan penuh semangat yang dilandasi niat sebagaimana dituangkan dalam VISI PIKKI yaitu “Menjadi pemasok utama komponen kapal nasional” melalui MISI PIKKI yaitu “Menjadikan industri komponen kapal Indonesia lebih produktif, mandiri, berkualitas prima, dan dipercaya”. Visi dan misi PIKKI menyatu dalam jiwa dan keinginan kuat anggota untuk “Bersatu memacu usaha dan bersama meraih sejahtera” (MOTTO PIKKI). Mimpi dan harapan PIKKI ini dapat terwujud apabila semua komponen bangsa yang terlibat dalam industri perkapalan khususnya pemerintah mempunyai komitmen kuat untuk menjadikan produk komponen kapal lokal menjadi tuan rumah di negeri sendiri dengan semangat MERAH PUTIH DAN GARUDA DI DADAKU.

SALAM PIKKI

Back
Copyright © 2015. All Rights Reserved. Orbitbumi.com