pikki.iscia@gmail.com info@pikki-iscia.org +6221 884 3485

NEWS PAGES

Rabu, 30 Mar 2016

Alasan Menperin untuk Gairahkan Industri Galangan Kapal Dalam Negeri

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin yakin industri galangan kapal nasional akan kembali bergairah. Salah satu faktor yang meyakinkan Saleh yaitu adanya kebijakan moratorium kapal eks asing atau kapal buatan asing menurut peristilahan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)  yang dilakukan Menteri KP Susi Pudjiastuti. "Industri galangan kapal dalam negeri akan lebih bergairah lagi karena jumlah kapal yang dibutuhkan itu cukup banyak," ujar Saleh Husin usai rapat di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, Jumat (25/9/2015). 

Seperti diketahui, moratorium kapal eks asing yang dilakukan Menteri Susi membuat kapal-kapal tersebut tak bisa beroperasi. Akibatnya, kebutuhan kapal untuk industri penangkapan ikan diperkirakan meningkat. 

Menteri Susi, kata Saleh, sudah mengungkapkan hal tersebut di sidang kabinet. "Yang kami tahu ketika rapat terbatas di Istana, menteri KKP mengatakan ke depan bahwa kebutuhan kapal lebih banyak. Dengan demikan maka, ini karena sudah diinstruksikan untuk memberi produk dalam negeri, dengan sendirinya maka kebutuhan industri kapal akan meningkat," kata dia. 

Sementara itu, Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan bahwa pihaknya sudah memiliki kesepakatan dengan KKP. Salah satu poin itu kata dia yaitu akan memperkuat sektor hulu perikanan dan kelautan. "BKPM dan KKP sudah sepakat akan memperkuat di sektor hulu. Sehingga salah satu programnya adalah pengadaan kapal. Tahun depan sudah dialokasikan 3.400 kapal. Dananya sekitar Rp 5 triliun,"  demikian Franky Sibarani.

 

Penulis : Yoga Sukmana

Editor     : Josephus Primus

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/09/25/190226226/Alasan.Menperin.untuk.Gairahkan.Industri.Galangan.Kapal.Dalam.Negeri?utm_source=bisniskeuangan&utm_medium=bp&utm_campaign=related&  

Back
Copyright © 2015. All Rights Reserved. Orbitbumi.com